Fokus dan Lingkup

Education, Quality, Values, and Multidisciplinary Thinking (EQUIVALENT) adalah jurnal ilmiah multidisipliner yang diterbitkan secara berkala sebagai wadah akademik untuk publikasi hasil penelitian, studi teoretis, praktik inovatif, dan kebijakan pendidikan yang berfokus pada integrasi pendidikan berkualitas, nilai-nilai kemanusiaan, dan pemikiran lintas disiplin.

Fokus utama jurnal ini adalah pada pengembangan teori dan praktik pendidikan yang menjunjung tinggi mutu, relevansi nilai, dan keterbukaan terhadap pendekatan multidisipliner. Jurnal ini mendorong kontribusi dari para akademisi, praktisi, peneliti, dan pembuat kebijakan yang memiliki perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan dan kebermaknaan pembelajaran lintas bidang ilmu.

Lingkup Kajian (Scope):

  1. Pendidikan dan Pembelajaran:
    • Inovasi pembelajaran berbasis teknologi, pedagogi kritis, dan diferensiasi pembelajaran.
    • Kurikulum Merdeka, P5, dan asesmen autentik dalam berbagai jenjang dan satuan pendidikan.
    • Integrasi STEAM, pendidikan karakter, literasi numerasi, dan penguatan kompetensi abad 21.
  2. Manajemen Pendidikan dan Mutu Lembaga:
    • Kepemimpinan transformasional, manajemen mutu pendidikan, serta pengelolaan program dan anggaran berbasis data.
    • Evaluasi kebijakan pendidikan, tata kelola sekolah, dan strategi perbaikan sistemik di daerah 3T.
  3. Nilai dan Pendidikan Kemanusiaan:
    • Pendidikan multikultural, inklusif, dan berbasis kearifan lokal.
    • Integrasi nilai-nilai spiritual, etika profesi, dan keadilan sosial dalam praktik pendidikan.
  4. Kajian Interdisipliner dan Multidisipliner:
    • Kolaborasi lintas bidang seperti pendidikan dengan sosiologi, filsafat, psikologi, ekonomi, lingkungan, teknologi informasi, dan kebudayaan.
    • Kajian literatur, meta-analisis, dan pendekatan hermeneutika atau semiotika dalam riset pendidikan.
  5. Pengembangan Profesional dan Komunitas Akademik:
    • Peningkatan kapasitas guru, pelatihan berbasis komunitas belajar, lesson study, dan pengembangan profesi berkelanjutan.
    • Praktik pengabdian masyarakat yang berdampak pada pendidikan dan penguatan SDM lokal.

Education, Quality, Values, and Multidisciplinary Thinking (EQUIVALENT) menerima artikel dalam bentuk hasil penelitian empiris, studi literatur kritis, telaah kebijakan, model inovatif, dan laporan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan visi dan misi jurnal. Setiap naskah akan melalui proses peer-review double-blind, penyuntingan akademik, dan tata letak profesional untuk menjamin kualitas ilmiah dan keterbacaan artikel.