WORKSHOP MODUL AJAR PLUS TERINTEGRASI P5 MELALUI PELATIHAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM DAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM DI SMK
Keywords:
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), GPS dan QGIS, Modul Ajar, Pelatihan Praktis, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Abstract
Guru SMK dihadapkan pada tantangan untuk menghadirkan pembelajaran kontekstual yang selaras dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5). Namun, kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi spasial seperti GPS dan GIS masih terbatas. Untuk menjawab tantangan ini, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan melalui pelatihan partisipatif selama dua hari. Kegiatan ini memadukan pemahaman teoritis tentang P5 dengan praktik langsung penggunaan GPS dan QGIS. Guru-guru terlibat aktif dalam merancang modul ajar berbasis proyek yang relevan dengan konteks lokal dan nilai-nilai karakter. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 86% aktivitas dinilai baik, dengan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap teknologi spasial dan pengembangan modul ajar yang aplikatif. Refleksi dan diskusi kolaboratif selama pelatihan memperkuat wawasan pedagogis serta kepercayaan diri peserta. Program ini berhasil menjembatani kesenjangan antara teknologi spasial dan pendidikan karakter, serta mendorong terciptanya praktik pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan di SMK.
References
Agung Pramudito, A., Ferry Hardiyatmoko, H., Putri Arini, D., Kristianto, C., Humaniora dan Ilmu Pendidikan, F., & Katolik Musi Charitas, U. (2022). Merancang Masa Depan Melalui Bimbingan Karir Pada Siswa SMK Xaverius 1. JMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat EISSN, 1(5).
Agustin Ekadjaja, & Amelia. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Lulusan SMK Dalam Dunia Usaha Dan Industri. Jurnal Serina Abdimas, 1(3). https://doi.org/10.24912/jsa.v1i3.26192
Arman, A., Adam, P., Jufra, J., Saidi, L. O., & Yahya, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMA/SMK di Kota Kendari Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Web Blog dan e-Modul Untuk Mendukung Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 2(2). https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i2.15226
Arman, A., Jufra, J., Ransi, N., Cahyono, E., & Eso, R. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMA/SMK Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 3(2). https://doi.org/10.33772/jpmit.v3i2.22096
Camellia, C., Alfiandra, A., El Faisal, E., Setiyowati, R., & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.21009/satwika.020201
Choiriyah, C., Noviani, D., & Priyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Pada Guru Sma Bina Warga (BW) 2 Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.448
Fauzan, R., Sudiansyah, S., & Rif’at, M. (2023). Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897
Gunawan, I., Lisnawati, C., & Nurhayati, L. (2021). Pelatihan Membuat Unit Pembelajaran Bahan Ajar Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Guna Dharma Nusantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(2). https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.4924
Hariani, L. S., Andayani, E., & Ain, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.56393/jpkm.v3i1.1622
Kurnianto, D., Sudiansyah, S., Heriyanto, H., & Riyadi, S. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Matematika SMK Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12).
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478
Nurhikmayati, I., Wahyuni, A., Irawan, E., & Juandi, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMAN 1 Ceper Klaten. Abdimas Galuh, 5(1). https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.8999
Panjaitan, H. R., Sihaloho, B., & Simamora, L. (2023). Sosialisasi Pengembangan Modul Ajar Matematika pada Materi Trigonometri di SMK Parulian 1 Medan. Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.61253/abdicendekia.v2i2.173
Putri, A. N., Wakhidah, N., & Utomo, V. G. (2022). Pemanfaatan Data Mining untuk Media Pembelajaran di SMK Hidayah Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(3). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5572
Rahman, A. S., Ellesia, N., Lismiatun, L., Azis, A., & Rahim, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Memotivasi Proses Kbm Yang Kreatif Dan Inovatif Kepada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah Parakan Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(1). https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v2i1.p48-54.9856
Serly, & Gitasari, R. P. (2021). Bahan Ajar Komputer Akuntansi Menggunakan Aplikasi Myob Di SMK Maitreyawira Tanjungpinang. Conference on Community Engagement Project, 1(1).
Sesanti, N. R., Marsitin, R., & Agustina, R. (2018). Upaya Meningkatkan Peran MGMP Matematika SMK Kabupaten Malang Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul Matematika SMK. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2). https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.1781
Sihono, S., Fatkhulloh, A., Saputro, R., Herwanto, D., & Kalbuana, N. (2021). Pendalaman Buku Ajar Elektrikal dan Elektronika Pesawat Udara Bagi Guru SMK Penerbangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 2. https://doi.org/10.54147/jpkm.v2i01.462
Sopiah, S., Murdiono, A., Martha, J. A., Prabowo, S. H., & Fitriana, F. (2019). Pelatihan dan pendampingan penyusunan bahan ajar bagi guru sma 5 kediri. Jurnal Karinov, 2(1).
Sudiansyah, S., Heriyanto, H., Rinda, K., Sinta, H. L., & Mohamad., R. (2022). PKM Mengenalkan Dan Melatih Pendekatan, Strategi, Teknik, Dan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3451–3460.
Sudiansyah, S., Prima, J. D., Dian, K., Dede, S., & Edy, Y. (2022). PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.
Sutisna, M., Halilah, I., Amalia, S., Tjahjawati, S. S., Firmansyah, Y., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Buku Ajar Dan Blended Training E-Filing System Dengan Program Iwsm Di SMKN I Cipatat. Dharma Bhakti Ekuitas, 5(1). https://doi.org/10.52250/p3m.v5i1.321
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Wulandari, R. N. A., Puspasari, D., & Trisnawati, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kodular Bagi Guru Di SMK Tunas Wijaya Surabaya. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 4(1). https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p39-45
Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Roiyasa, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Modul Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Bagi Guru SMA Negeri 4 Purwokerto. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(2). https://doi.org/10.37373/bemas.v1i2.65
Yunefri, Y. Y., Sutejo, & Ersan Fadrial, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Digital TPACK Dengan Flipbook Bagi Guru SMK Negeri 2 Pinggir. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.49
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohamad Rif'at, Simin Simin, Sigit Purnomo, Sy Dede Erlagga, Eka Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.