WORKSHOP MODUL AJAR PLUS TERINTEGRASI P5: STRATEGI PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMP

Authors

  • Dian Kurnianto Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Slamet Riyadi STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Mizani SMP Negeri 5 Sandai, Kalimantan Barat
  • Feni Apriani STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Supardi STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Guru SMP, Kurikulum Merdeka, Proyek P5, Pelatihan Berbasis Praktik, Modul Ajar.

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk merancang modul ajar yang tidak hanya berbasis kompetensi, tetapi juga mampu mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5) secara kontekstual. Namun, banyak guru SMP masih mengalami kendala dalam menyusun capaian pembelajaran, memetakan tujuan pembelajaran, serta menerapkan nilai P5 dalam desain pembelajaran yang bermakna. Menanggapi tantangan ini, program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui pelatihan interaktif berbasis praktik dan pendekatan partisipatif. Kegiatan ini dilengkapi dengan sesi pendampingan reflektif dan revisi produk secara kolaboratif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap struktur Kurikulum Merdeka dan kemampuan mereka mengembangkan modul ajar yang relevan dengan konteks lokal dan nilai karakter. Selain memperkuat kompetensi pedagogis, program ini juga mendorong terbentuknya komunitas belajar guru untuk menjaga keberlanjutan praktik baik di sekolah. Pendekatan pelatihan yang terarah, aplikatif, dan berbasis coaching terbukti efektif dalam menjawab kebutuhan nyata guru di lapangan.

References

Aditama, M., Winaryati, E., Bagiya, B., & Oktaviani, S. (2023). Peningkatan kompetensi guru SMP dalam implementasi 3 bentuk asesmen Kurikulum Merdeka. Community Empowerment Journal, 1(2). https://doi.org/10.61251/cej.v1i2.7

Bulan, A., Srirahmawat, I., & Hasan, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Terdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdi Insani, 10(3). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1084

Camellia, C., Alfiandra, A., Faisal, E. El, Setiyowati, R., & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.21009/satwika.020201

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2023). Pendampingan Persiapan dan Pelaksanaan Kurikulum Prototipe di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(1). https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i1.1118

Daeng, K., & Fitri, S. (2023). PKM Pelatihan Integrasi Hots dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Majene. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Fajriah, N., Pasani, C. F., Suryaningsih, Y., Eryanto, A. N. E., & Nasrullah, N. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6847

Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). Implementasi pembelajaran STEM dalam kurikulum merdeka: pemetaan kesiapan, hambatan dan tantangan pada guru SMP. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266

Fauzan, R., Sudiansyah, S., & Rif’at, M. (2023). Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897

HRP, N. A., Julyanti, E., Rahma, I. F., Hasibuan, R., Saragih, Z., Simamora, S. S., Sintya, L. S., & Nasution, M. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Torgamba. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.936

Ibrahim, N., Baadilla, I., Yatri, I., & Hidayatullah, A. (2023). Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum at SMP Muhammadiyah Cisalak for Teachers. Darma Cendekia, 2(1). https://doi.org/10.60012/dc.v2i1.44

Indaryanti, Meryansumayeka, Scristia, Kurniadi, E., & Nuraeni, Z. (2023). Development of mind mapping and learning objectives flow (ATP) based on Kikuduko for mathematics teachers in the MGMP of junior high schools in Kayuagung city. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2). https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8680

Irawaty, I., Ningsih, A. S., Prabowo, M. S., Setyasto, N., Wardani, N. W., Munawaroha, E., Hanuma, H. L., Farlina, I., Indriyani, W., & Lestari, E. (2023). Program Sekolah Penggerak dan Peran Guru Penggerak Berdasarkan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Yayasan Asshodiqiyah Kota Semarang. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.123

Jauhariyah, M. N. R., Madlazim, M., Hariyono, E., Lestari, N. A., Wardi, L. Z., Pradigdo, L. H., Santoso, I. Y., Alifteria, F. A., & Mahmud, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Proyek Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6939

Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Sari, L. R. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. MALAQBIQ, 2(1). https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513

Kurnianto, D., Sudiansyah, S., Heriyanto, H., & Riyadi, S. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Matematika SMK Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12).

Lestary, R., & Stiadi, E. (2023). Workshop Penerapan PJBL Dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Mgmp Matematika SMP Bengkulu Tengah. Jurnal Abdimas Bencoolen, 1(1). https://doi.org/10.33369/abdimas.v1i1.30818

Madang, K., Susanti, R., Destiansari, E., & Santri, D. J. (2022). Peningkatan Capacity Building Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru IPA Se-Kota Pagaralam. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6742

Nurjanah, N., Sudaryat, Y., Haerudin, D., Koswara, D., Kuswari, U., Kosasih, D., & Ruhaliah, R. (2023). Penyuluhan Kurikulum Merdeka Dan Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Bagi Guru-Guru SMP Di Wilayah Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dimasatra, 3(1). https://doi.org/10.17509/dm.v3i1.55263

Sari, A. W., & Rahmi, A. (2023). Perancangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Arcs (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp 31 Padang. Integratif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.12

Siska, J., Dewi, C., Selviani, D., & Fitria, Y. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Sekolah Di Bengkulu Utara. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.190

Sucipto, S. D., Yosef, Y., Dewi, R. S., Putri, R. M., & Tanjung, R. F. (2023). Pengembangan Media BK Interaktif melalui Aplikasi CapCut. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3). https://doi.org/10.51214/00202303702000

Sudiansyah, S., Dia, P. J., Dian, K., Dede, S., & Edy, Y. (2022). PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.

Sudiansyah, S., Heriyanto, H., Rinda, K., Sinta, H. L., & Rif’at, M. (2022). PKM Mengenalkan Dan Melatih Pendekatan, Strategi, Teknik, Dan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3451–3460.

Suryaningsih, Y., & Lafiah, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi IPA di SMP IT Hafifudin Arrohimah. SANISKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.31949/jsk.v1i2.8773

Susanti, S., Sumarni, E., & Putri, N. H. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dengan Konteks Kemaritiman bagi Guru di SMP N 1 Bintan. Jurnal Anugerah, 5(2). https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6318

Taufik, A., Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2024). Penguatan Asesmen Kompetensi Minimum melalui Pengenalan Soal Literasi Numerasi. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v4i1.339

Wardani, N. E., Suwandi, S., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kurikulum Merdeka Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Surakarta. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7). https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.678

Wardhana, M. Y. C. (2019). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan. In SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM (Vol. 0, Issue 0).

Waruwu, M., Dwikurnaningsih, Y., Ismanto, B., Iriani, A., Tri, S., & Wasitohadi, S. (2022). Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Guru dalam Mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak dan Merdeka Belajar. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(03).

Yahya, F., Irham, M., Suryani, E., Walidain, S. N., Samawa, U., Besar, S., & Sumbawa, S. N. W. P. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Downloads

Published

2025-06-07

Issue

Section

Articles