PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ASSESSMENT DIAGNOSTIC MATEMATIKA DAN FISIKA BAGI GURU SMA/SMK UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN

Authors

  • Heriyanto STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Slamet Riyadi STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Ahmad Yanuar SMA Negeri 3 Ketapang, Indonesia
  • Pratiwi SMK Negeri 1 Ketapang, Indonesia
  • Supardi STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat

Keywords:

Asesmen Diagnostik, Interdisipliner, Guru SMA/SMK, Kompetensi Guru. Pengabdian kepada Masyarakat, Pembelajaran Berbasis Data

Abstract

Di banyak SMA dan SMK, asesmen diagnostik belum menjadi bagian umum dalam praktik pembelajaran, padahal perannya sangat penting untuk mengenali kebutuhan awal belajar siswa. Sayangnya, data yang dikumpulkan pun sering tidak dimanfaatkan secara maksimal dalam perencanaan pembelajaran. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA/SMK dalam merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan asesmen diagnostik guna mendukung pembelajaran berbasis data yang lebih adaptif. Kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif yang meliputi pelatihan, lokakarya penyusunan instrumen, simulasi, pendampingan daring, dan refleksi terstruktur. Guru dilatih menggunakan berbagai alat digital seperti Quizizz, Google Form, dan spreadsheet untuk menyusun dan menganalisis hasil asesmen. Program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual guru, tetapi juga keterampilan teknis mereka dalam mengelola data asesmen. Lebih jauh, muncul semangat kolaborasi dan budaya refleksi di kalangan peserta yang berfokus pada pembelajaran berpusat pada siswa. Inisiatif ini terbukti efektif dan direkomendasikan untuk direplikasi melalui MGMP dan jejaring kolaboratif antar sekolah.

References

Afriliana, I., Khakim, L., Nugroho, W. E., & Prihandoyo, M. T. (2022). Peningkatan Hard Skill Siswa Melalui Pengenalan Internet Of Things Dan Computer Vision. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7402

Agniya, A., Wicaksono, S. L., Setiani, H., Utami, F. P., Zahro, A. N. M., Naryatmojo, D. L., & Wagiran, W. (2023). Analysis and Reconstruction of Diagnostic Assessment of Negotiating Text Materials in Indonesian Language Teaching Modules Class X SMA/SMK. International Journal of Research in Education, 3(2). https://doi.org/10.26877/ijre.v3i2.15183

Beng, J. T., -, K., Solikhah, N., Idulfilastri, R. M., Roesmala Dewi, F. I., Bella, M., Perlita, N., & Tiatri, S. (2022). Dampak Implementasi Mbkm Pada Kognitif Mahasiswa Universitas X: Rekomendasi Peningkatan MBKM DI PTS. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16077.2022

Cahyanti, S. D., Daryati, D., & Saleh, R. (2022). Difficulty Factors In Implementing Online Teaching Skills Practice Students Of Building Engineering Education Study Program Jakarta State University. Jurnal PenSil, 11(1). https://doi.org/10.21009/jpensil.v11i1.22728

Carina, N., Suteja, M. S., & Gandha, M. V. (2021). Penyediaan Desain Sekat Belajar Di Smk Triguna Jakarta Selatan Untuk Program Luring New Norma. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.13014

Djawad, Y. A., & Jaya, H. (2019). Efektivitas Teknologi Alat Tenun Otomatis Ditinjau Dari Perspektif Peluang Usaha Bagi Siswa SMK. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1).

Fauzan, R., Sudiansyah, S., & Rif’at, M. (2023). Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897

Giri Aditama, M., Aji Sugiharto, P., Istiqomah, L., & Nur Hisyam, F. (2023). Integrating Multiple Intelligence Test into Diagnostic Assessment in ELT. International Social Sciences and Humanities, 2(2). https://doi.org/10.32528/issh.v2i2.250

Indrawati, Samsul Bahri, Muh. Rusmayadi, Muh. Galang Isnawan, & Imam Pakhrurrozi. (2022). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik: Tes Kepribadian Siswa Kelas VII di SMPN 4 Keruak. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i1.156

Kurnianto, D., Sudiansyah, S., Heriyanto, H., & Riyadi, S. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Matematika SMK Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12).

Kusumawati, N., Ende, Affandi, N., Komarudin, M., Kusuma, J. W., Hamidah, Nursoleh, Fatonah, S., & Zahra, S. (2023). Pkm Uji Kompetensi Bidang Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Smk Muhammadiyah Pontang. Community Devellopment Journal, 4(2).

Latif, A., & Ahmad, H. (2021). PkM-Peningkatan Kompetensi Guru SMK Mega Link Majene dalam Menggunakan Aplikasi Quizizz sebagai Media Assessment Pembelajaran. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2645

Murni, V., Nendi, F., Jundu, R., Men, F. E., Pantaleon, K. V., Jehadus, E., & Jeramat, E. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di Smk Bina Kusuma Ruteng. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(8). https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6031

Musa, A., Dzakiyyuddin, M., & Ali Nurzen Amin, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada SMK. Manajemen Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v18i2.23284

Nurmansyah, W., Alfian, A., Mulyati, M., & Jevanda, K. (2021). Mikrotik Soho (Small Office Home Office) Network Workshop. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i1.35505

Putera, R. E., Yoserizal, Y., Kusdarini, K., Rahayu, W. K., Purnama, T. H., Halim, M. A., Fianda, C., & Ahmad, T. (2023). Literasi Digital Dan Digital Skills Pada Masa Pandemi Dan Era 4.0 Di Sma 2 Adabiah Padang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Rahmawati, A., Mufidah, I. F., Triyono, A., & Mursalim, M. (2023). Penerapan Teknologi dan Literasi Digital di SMK Negeri 1 Kendal. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3). https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1529

Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2020). Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Kabupaten Barru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sandi, P. V., Murni, V., Baskara, G. M. B., Moa, M. J., Gondia, M., & Rusdi, E. (2022). Pelatihan Manajemen Proyek Konstruksi Sederhana Untuk Peningkatan Pengetahuan Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10836

Sihombing, G. L. A., Manullang, T., & Karina, E. D. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Siswa/Siswi Dalam Literasi Digital, Bahasa Dan Keuangan Di SMK Negeri 1 Siborongborong. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 2(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18654

Sudiansyah, S., Heriyanto, H., Rinda, K., Sinta, H. L., & Mohamad., R. (2022). PKM Mengenalkan Dan Melatih Pendekatan, Strategi, Teknik, Dan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3451–3460.

Sudiansyah, S., Prima, J. D., Dian, K., Dede, S., & Edy, Y. (2022). PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.

Sujana, I. M., Waluyo, U., Soepriyanti, H., & Haris Munandar, L. O. A. (2021). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Melalui Pendampingan Penyusunan Publikasi Ilmiah Untuk Mgmp Bahasa Inggris SMK Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i2.558

Sukendra, I. K., Sumandya, I. W., Fridayanthi, P. D., & Surat, I. M. (2021). PKM. Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah Guru Di SMAK Negeri 3 Sukawati. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(2). https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v1i2.1210

Sulistiani, H., Hamidy, F., Isnain, A. R., Yasin, I., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi, Y. (2022). Google Spreadsheet Training for Teacher at SMK N 1 Padang Cermin. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2). https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.145

Wahyuni, N., Putera, R. E., Rahayu, W. K., & Fajri, H. (2022). Peningkatan Pendidikan Ramah Anak Berbasis Literasi Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37090

Widiastuti, S., Yuanita, L., & Wasis, W. (2017). Implementasi Peta Konsep Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tps Sebagai Cognitive Diagnostic Assessment (CDA). JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(2). https://doi.org/10.26740/jpps.v2n2.p218-223

Downloads

Published

2025-06-07

Issue

Section

Articles