PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN DEEP LEARNING BAGI GURU SMA/SMK
Keywords:
Deep learning, Pembelajaran yang menyenangkan , Pembelajaran yang penuh kesadaran, Pembelajaran yang bermakna, Pengembangan Profesional GuruAbstract
Banyak guru SMA/SMK masih mengandalkan metode tradisional yang menitikberatkan pada penyampaian materi tanpa melibatkan siswa secara aktif dan emosional. Padahal, pembelajaran abad ke-21 menuntut pendekatan yang lebih menyenangkan, penuh kesadaran, dan bermakna. Menanggapi tantangan tersebut, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas pedagogis guru matematika dan fisika melalui pengenalan filosofi deep learning berbasis pendidikan humanistik. Program dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif, mencakup asesmen kebutuhan, sesi teori, praktik microteaching, pengembangan modul kontekstual, serta pendampingan langsung di kelas. Hasilnya, guru mulai menggeser perannya dari sekadar penyampai materi menjadi fasilitator reflektif yang lebih memahami pentingnya pembelajaran berpusat pada siswa. Mereka juga menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam menerapkan strategi pembelajaran bermakna. Program ini terbukti efektif mendorong transformasi pedagogis dan membangun sensitivitas guru terhadap kebutuhan emosional serta kognitif siswa. Ke depan, model pelatihan ini direkomendasikan untuk direplikasi agar tercipta ekosistem belajar kolaboratif yang berkelanjutan dan relevan.
References
Depuru, S., Vaishnavi, K., Manogna, B., Sri, K. J., Preethi, A., & Priyanka, C. (2023). Hybrid CNNLBP using Facial Emotion Recognition based on Deep Learning Approach. Proceedings of the 3rd International Conference on Artificial Intelligence and Smart Energy, ICAIS 2023. https://doi.org/10.1109/ICAIS56108.2023.10073918
Eodice, M., Geller, A. E., & Lerner, N. (2017). The meaningful writing project: Learning, teaching, and writing in higher education. In The Meaningful Writing Project: Learning, Teaching, and Writing in Higher Education. https://doi.org/10.7330/9781607325802
Farley, S. (2023). Joyful Learning. In Joyful Learning. https://doi.org/10.4324/9781003374909
Fauzan, R., Sudiansyah, S., & Rif’at, M. (2023). Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897
Fletcher, T., Chróinín, D. N., Gleddie, D., & Beni, S. (2021). Meaningful physical education: An approach for teaching and learning. In Meaningful Physical Education: An Approach for Teaching and Learning. https://doi.org/10.4324/9781003035091
Hassed, C. (2016). Mindful learning: Why attention matters in education. International Journal of School and Educational Psychology, 4(1). https://doi.org/10.1080/21683603.2016.1130564
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Johnson, K. E., & Golombek, P. R. (2016). Mindful L2 Teacher Education. In Mindful L2 Teacher Education. https://doi.org/10.4324/9781315641447
Khan, B. H. (2016). Revolutionizing modern education through meaningful e-learning implementation. In Revolutionizing Modern Education through Meaningful E-Learning Implementation. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0466-5
Kontesa, D. A., Minsih, & Fuadi, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Active Deep Learner Experience Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3). https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6638
Kurnianto, D., Sudiansyah, S., Heriyanto, H., & Riyadi, S. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Matematika SMK Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12).
Lo, S. (2024). Pendekatan Transformative Learning Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru [Transformative Learning Approach In Teacher Professional Development]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 20(1). https://doi.org/10.19166/pji.v20i1.7680
MacDonald, E., & Shirley, D. (2009). The mindful teacher. In The series on school reform.
Mackenzie, E. (2015). Mindful teaching and learning : developing a pedagogy of well-being. In Mindful Teaching and Learning: Developing a Pedagogy of Well-Being.
Nugraha, M. T., & Hasanah, A. (2021). pembentukan karakter kepemimpinan pada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran Deep Learning. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Ryznar, E., & Levine, R. B. (2022). Twelve tips for mindful teaching and learning in medical education. Medical Teacher, 44(3). https://doi.org/10.1080/0142159X.2021.1901869
Shah, M. M., & Kamaruddin, M. (2022). Kompetensi 6C siswa guru dalam pelaksanaan ‘inovasi digital dalam pengajaran dan pembelajaran’: 6C’s competencies of pre-service teacher in implementation of ‘digital innovation in teaching and learning.’ Journal of ICT in Education, 9(2).
Sudiansyah, S., Heriyanto, H., Rinda, K., Sinta, H. L., & Mohamad., R. (2022). PKM Mengenalkan Dan Melatih Pendekatan, Strategi, Teknik, Dan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3451–3460.
Sudiansyah, S., Prima, J. D., Dian, K., Dede, S., & Edy, Y. (2022). PKM Mengenalkan dan Melatih Aplikasi Truth Tabels dengan Model Belajar Direct Instruction pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.
Suryani, N., Pendidikan, H. P.-D., & undefined 2012. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Melalui Pendekatan Deep Approach To Learning. Journal.Unnes.Ac.Id, VII(2).
Udvari-Solner, A., & Kluth, P. (2020). Joyful Learning: Active and Collaborative Strategies for Inclusive Classrooms. In Joyful Learning: Active and Collaborative Strategies for Inclusive Classrooms. https://doi.org/10.4135/9781506375700
Utami, Y., Reistanti, A. P., & Elsanti, R. (2024). Implementasi Pembelajaran berbasis ADLX dengan pendekatan Terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar PAI Siswa. Jurnal Ilmiah Pedagogi, 23(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Simin, Ahmad Yanuar, Wahyu Fazar Dwi Siswanto, Deri Feriyadi, Muad Dinoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.