Critical Literature Review : Problematika dan Solusi Metodologis Pembelajaran Matematika di SMK Dalam Perspektif Pedagogi Inovatif dan Teknologi Edukasi

Authors

  • Dian Kurnianto Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Supardi Supardi STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Masita Masita Universitas Terbuka, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Liska Martina SMK Negeri 2 Ketapang, Kalimantan Barat
  • Feri Faturahman SMK Negeri Air Upas Ketapang, Kalimantan Barat

Keywords:

Tinjauan Literatur Kritis, Teknologi Pendidikan, Pedagogi Inovatif, Pembelajaran Matematika, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Pembelajaran matematika di SMK masih menghadapi tantangan serius, terutama karena kurangnya keterkaitan antara materi teoretis dan kebutuhan dunia kerja. Pendekatan konvensional yang masih dominan membuat siswa kesulitan memahami relevansi matematika dalam konteks vokasional. Selain itu, rendahnya kompetensi digital guru turut menghambat proses pembelajaran yang adaptif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara kritis permasalahan utama dan solusi metodologis dalam pendidikan matematika vokasional. Metode yang digunakan adalah kajian literatur kritis terhadap 38 artikel terpublikasi (2015–2024) yang dipilih secara sistematis berdasarkan relevansi tema dan ketajaman metodologinya. Hasil analisis tematik menunjukkan permasalahan berulang seperti instruksi abstrak, rendahnya motivasi siswa, dan minimnya penggunaan teknologi. Meski sejumlah strategi inovatif—seperti pembelajaran penemuan terbimbing, problem posing, dan penggunaan GeoGebra—menunjukkan hasil menjanjikan, implementasinya belum merata. Kesimpulannya, dibutuhkan model pembelajaran yang adaptif dan terintegrasi secara digital untuk menjembatani kesenjangan kurikulum dan praktik, serta meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SMK secara berkelanjutan

References

Anabanu, M. (2021). Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Syntax Transformation, 2(03). https://doi.org/10.46799/jst.v2i3.239

Anjarsari, E. (2019). Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Vygotsky, 1(1). https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88

Ariyanto, L., Handayanto, A., Prayito, M., Aini, A. N., & Wulandari, D. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Smk Di Limpung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2). https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9181

Armiati, A. (2018). Mengembangkan Higher Order of Thinking Skill Melalui Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal LEMMA, 4(2). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2729

Bayu, A. (2015). Menyelesaikan Permasalahan Program Linear Menggunakan Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(2).

Fausi, R. (2021). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.30587/postulat.v2i1.2973

Haryani, F. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika serta Pemahaman Barisan dan Deret Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar dan Survey Pemetaan Melalui Teknik Mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi. Edumatica, 02(01).

Imamudin, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Vol. 1, Issue 1).

Irwantoko, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMK Bercirikan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 6(2).

Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Malang, 1.

Liunome, A. v., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2020). Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.32938/jpm.v1i2.378

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4). https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Mardiah, L. F., Kukuh, K., & Haryaka, U. (2018). Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XII SMK Negeri 7 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.418

Maryanto, B. P. A., Rachmawati, L. N., Muhammad, I., & Sugianto, R. (2023). Kajian Literatur : Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i2.94

Meika, I., Sujana, A., Arifiyanti, S. D., & Ramadina, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Pembelajaran Daring Materi Limit Fungsi Aljabar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5534

Melinia, E. A., Widyaningrum, I., Widiawati, W., & Rahayu, C. (2023). Problem Solving Menggunakan Math Ladder Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5840

Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Nurfadilah. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 2(1).

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685

Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Merdeka Belajar Pada Pembelajaran. Edumatic, 4.

Putri, A. S. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Sukoharjo. … Pendidikan Dan Pembelajaran.

Retnowati, E. (2016). Kajian Masalah Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan Dan Alternatif Solusinya. Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis GeoGebra.

Rokhayah, L. (2014). Desain Instruksi Dan Soal Dengan Matematika Sesuai Variasi Individu Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4 No. 2. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2509

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01). https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269

Safitri, A. D., & Mustika Sari, R. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1). https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5226

Samosir, B. S., & Lubis, J. S. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Collaborative Problem. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.344

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2). https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Setiyaningsih, A., Yuwono, M. R., & Wijayanti, S. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. Widya Didaktika - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.54840/juwita.v1i2.68

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1).

Simamora, P., & Rahma, I. F. (2022). Analisis Tingkat Stres Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Strategi Coping di SMK Swasta Mandiri Alwasliyah Silangkitang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1393

Sugianto, A. S., Kurniawan, L. C., Rosyidah, N. A., & Wahyuni, I. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA/SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Fungsi Komposisi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1). https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.9

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143

Sylvana Dewi Harahap, F., Aisyah, A., Wandira, Y., & Arellah, J. (2023). Penerapan Teknik Operant Conditioning Terhadap Permasalahan Kesulitan Mata Pelajaran Matematika Pada Peserta Didik. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.805

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9).

Wardani, T. K., & Hastari, R. C. (2022). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02). https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1693

Yusuf, F., & Prastyo, S. (2021). Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika SMK. HIMPUNAN: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1).

Zayyadi, Moh., & Maulana, W. H. (2016). Profil Berpikir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Prosiding Semnasdik 2016, 1.

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles