Etika Publikasi
J-SAVE: Jurnal of Science and Vocational Education menjunjung tinggi standar etika publikasi ilmiah dan berkomitmen mencegah segala bentuk pelanggaran akademik, termasuk plagiarisme, duplikasi penerbitan, serta konflik kepentingan. Setiap naskah yang dikirimkan harus merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang dalam proses peninjauan di jurnal lain. Dewan redaksi, penulis, dan mitra bestari diwajibkan mematuhi prinsip-prinsip publication ethics yang merujuk pada pedoman COPE (Committee on Publication Ethics) dan standar ICMJE tentang kepengarangan.
Jurnal ini mewajibkan proses double-blind peer review terhadap setiap artikel yang dikirimkan, dengan mempertimbangkan aspek relevansi, orisinalitas, metodologi, dan dampak keilmuan. Penulis bertanggung jawab atas keaslian data, kontribusi signifikan dalam penulisan, dan keterbukaan dalam mengungkap konflik kepentingan. Di sisi lain, reviewer memiliki tanggung jawab menjaga kerahasiaan naskah, memberi tinjauan objektif, serta menghindari konflik relasi atau afiliasi yang dapat memengaruhi penilaian.
Editor bertindak sebagai pengendali mutu ilmiah yang menjamin integritas proses editorial, menjunjung transparansi keputusan, serta siap mengambil tindakan jika ditemukan pelanggaran etika. Setiap keputusan penerimaan atau penolakan artikel didasarkan pada kualitas ilmiah, bukan pada asal institusi, latar belakang penulis, atau faktor non-akademik lainnya.
Terkait etika penelitian, J-SAVE hanya menerima artikel yang melibatkan manusia atau komunitas dengan memenuhi persetujuan etik dari lembaga terkait, sesuai prinsip Deklarasi Helsinki dan protokol nasional. Penelitian yang melibatkan anak, komunitas adat, studi observasional, atau survei, wajib menyertakan pernyataan tertulis mengenai persetujuan partisipan, proses pelindungan data pribadi, dan penghormatan terhadap nilai budaya lokal.
Dengan kerangka etik ini, J-SAVE tidak hanya menjadi wadah publikasi, tetapi juga penjaga integritas ilmiah yang mendorong pertumbuhan pengetahuan yang jujur, terbuka, dan bertanggung jawab di bidang pendidikan sains dan vokasi.