Fokus dan Lingkup
J-SAVE: Jurnal Of Science and Vocational Education merupakan media ilmiah yang berfokus pada pengembangan pembelajaran sains dan vokasi yang kontekstual, inovatif, dan berakar pada kearifan lokal serta nilai-nilai budaya dan spiritualitas. Jurnal ini memprioritaskan publikasi penelitian terapan di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi, termasuk pengembangan media pembelajaran, model pembelajaran, serta instrumen evaluasi yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, J-SAVE juga mewadahi kajian vokasi kontemporer seperti digitalisasi, integrasi STEAM, kewirausahaan lokal, dan kesiapan kerja berbasis kebutuhan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Dengan menjunjung prinsip keterbukaan, orisinalitas, dan relevansi, J-SAVE hadir sebagai ruang kontribusi akademik untuk memajukan pendidikan sains dan vokasi yang adaptif dan transformatif.
cakupan J-SAVE: Jurnal of Science and Vocational Education meliputi bidang-bidang sebagai berikut:
- Pembelajaran Sains Terapan. Menerbitkan hasil penelitian terkait inovasi pembelajaran pada bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi yang berorientasi pada penerapan konsep sains dalam kehidupan nyata dan dunia kerja.
- Pengembangan Model Pembelajaran. Fokus pada rancangan dan implementasi model pembelajaran yang adaptif dan aktif seperti Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PjBL), STEAM, flipped classroom, dan pendekatan berbasis literasi saintifik.
- Penciptaan Media dan Teknologi Pembelajaran. Meliputi pengembangan media pembelajaran digital maupun konvensional (misalnya modul, video, e-learning, simulasi, aplikasi edukatif), yang mendukung proses belajar interaktif dan menarik.
- Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran. Menyediakan ruang bagi penelitian yang mengembangkan alat ukur, rubrik, dan instrumen asesmen formatif maupun sumatif untuk menilai ketercapaian kompetensi di bidang sains dan vokasi.
- Inovasi Pendidikan Vokasi Berbasis IDUKA. Menyasar pada pengembangan pembelajaran vokasional yang sesuai dengan kebutuhan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), seperti penguatan keterampilan teknis, soft skills, serta integrasi pembelajaran berbasis proyek dan magang industri.
- Integrasi Kearifan Lokal, Budaya, dan Nilai Spiritual dalam Pembelajaran
Mendukung artikel yang mengangkat pendidikan berbasis budaya lokal dan nilai-nilai spiritual sebagai bagian dari penguatan karakter dan identitas bangsa dalam pembelajaran sains dan vokasi. - Digitalisasi dan Teknologi Pendidikan di Lingkungan Vokasi. Mewadahi riset tentang implementasi teknologi seperti Learning Management System (LMS), platform pembelajaran daring, AI dalam pembelajaran vokasi, dan transformasi digital di lingkungan sekolah atau perguruan tinggi vokasional.
- Kajian Konseptual dan Teoritis dalam Pendidikan Sains dan Vokasi. Termasuk telaah kritis terhadap teori pendidikan, kebijakan kurikulum, strategi pembelajaran, dan pengembangan keilmuan sains serta vokasi dalam konteks global maupun lokal.
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Best Practice Pembelajaran. Memberikan ruang bagi guru dan dosen untuk mendesiminasikan praktik baik yang telah diujicobakan di kelas melalui pendekatan reflektif, sistematis, dan berkelanjutan.
Penguatan Literasi Saintifik dan Vokasional Abad ke-21. Menyangkut penelitian yang mengintegrasikan penguatan literasi numerasi, digital, kewargaan, kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran sains dan vokasi.