Systematic Literature Review : Implementasi Taksonomi Marzano Dalam Pembelajaran Matematika SMK Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Problem Solving
Keywords:
Berpikir Tingkat Tinggi, Taksonomi Marzano, Matematika, Pemecahan Masalah, Pendidikan Vokasi.Abstract
Penguatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan pemecahan masalah menjadi prioritas dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengingat tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. Taksonomi Marzano hadir sebagai kerangka kognitif yang mendalam dan sistematis untuk mendorong pembelajaran yang reflektif, adaptif, dan berorientasi pada kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan Taksonomi Marzano dalam pembelajaran matematika SMK, khususnya dampaknya terhadap perkembangan kognitif dan kemampuan problem solving siswa. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif, sebanyak 22 artikel ilmiah dari tahun 2015–2024 dianalisis, dan 15 studi utama dikaji secara tematik. Hasilnya menunjukkan bahwa taksonomi ini diterapkan melalui strategi pembelajaran reflektif, asesmen digital, serta pendekatan metakognitif, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan evaluatif siswa. Namun, keterbatasan pemahaman guru dan kurangnya sarana pendukung masih menjadi tantangan. Kesimpulannya, Taksonomi Marzano memiliki kontribusi penting dalam menciptakan pembelajaran matematika vokasional yang bermakna dan kontekstual.
References
Arshad, M. N., Atan, N. A., Abdullah, A. H., Mokhtar, M., & Abu, M. S. (2017). Learning The Strategy of Reasoning Through Marzano Dimensional Mastery Learning Model Among Form Four Students for The Topic Of Differentiation. Sains Humanika, 9(1–4). https://doi.org/10.11113/sh.v9n1-4.1116
Bahtiar, M. H., & Subyantoro, S. (2021). The Assessment Equipment of Learning Result Based on Marzano Digital Assessment on Explanatory Text in Senior High School. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1).
Dinarti, S., & Qomariyah, O. N. (2019). Kemampuan generalisasi pola siswa berdasarkan taksonomi marzano. Senatik.
Ega, G. (2019). Menilik Konsep Berpikir Tingkat Tingi (High Order thinking Skill) dalam Pembelajaran Matematika. Journal Numeracy, 6(2).
Fortuna, W. A. D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Mengacu Pada Taksonomi Marzano. Skripsi.
Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy.
Gradini, E., Firmansyah, F., & Noviani, J. (2018). Menakar Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Matematika Melalui Level Hots Marzano. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3357
Hapsari, T., & Sudiansyah, S. (2024). Strategi Scaffolding Untuk Mengatasi Tantangan Pengerjaan Soal Eksponen Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Al khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 52–60.
Heong, Y. M., Ping, K. H., Hamdan, N., Ching, K. B., Yunos, J. M., Mohamad, M. M., Jiar, Y. K., & Azid, N. (2020). Integration of learning styles and higher order thinking skills among technical students. Journal of Technical Education and Training, 12(3 Special Issue). https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.03.018
Jaya, M. H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Taksonomi Marzano. Universitas Muhammadiyah Malang, November.
Kartika Sari, W., & Izzatin Nada, E. (2022). Marzano Taxonomy-Based Assessment Instrument to Measure Analytical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6.
Marzano, A., & Notti, A. M. (2015). Eduonto: An ontology for educational assessment. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 11(1).
Masliyani, S., & Sudiansyah, S. (2025). Respon Siswa Dan Guru SMP Di Kabupaten Kubu Raya Terhadap Literasi Numerasi Assessment Kompetensi Minimum. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 124–132.
Patria, Y. A. B., & Istiyono, E. (2020). The development of CAT-MARZANO as an assessment media in the industrial revolution 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012024
Pradana, I. G. Y., Suma, K., & Sujanem, R. (2021). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Tiga Level (Three-Tier) Berbasis Marzano Dimensions Of Learning. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3).
Putra, G. B., Rif’at, M., Sahputra, R., & Sudiansyah, S. (2025). Pengembangan Instrument Tes Untuk Mengukur Kemampuan Interpretasi Dalam Menyelesaikan Masalah Proporsi Pada Siswa Smp. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 223–232.
Rukmanasari, M. (2019). Pengembangan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills) Berdasarkan Tingkatan Berpikir Marzano. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Sari, W. K., & Nada, E. I. (2022). Marzano Taxonomy-Based Assessment Instrument to Measure Analytical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.40117
Setyowati, R. (2020). Scientific-Based Learning Scenario to Improve Student’s Higher Order Thinking Skills: A Development Concept. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Universitas PGRI Madiun 2020, 2.
Shonia, M. I., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Aljabar Berbasis Taksonomi Marzano Padamateri Program Linier. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(Sendiksa 2).
Sudiansyah, S. (2024). Assessment Akhir Semester Melalui Studi Tour: Literasi Budaya, Sains Dan Iklim Akademis Di Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 6, 435–455.
Sudiansyah, S., Kurnianto, D., & T, A. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Metematika Melalui Model STEM Berbasis Microsoft Teams Sebagai Kelas Digital dan Aplikasi Wolfram Alpha. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2716
Suryani, Y., Sapriya, Malihah, E., & Komalasari, K. (2020). Developing investigation group learning model based on Marzano instructional framework to promote students’ higher order thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042012
Tejeda, S., & Gallardo, K. (2021). Performance Assessment on High School Advanced Algebra. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3). https://doi.org/10.29333/iejme/648
Wahyuningsih, F. (2017). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Sistem Kognitif Taksonomi Marzano Ditinjau Dari Gaya Belajar. In Skripsi (Vol. 4).
Wulandari, I. G. A. P. A., & K. R. Puspadewi. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Modified Guided Discovery Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2).
Yuliati, S. R., & Lestari, I. (2018). Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Analysis Of Students In Solving Hots Question In Higher Education. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2). https://doi.org/10.21009/pip.322.10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muad Dinoto, Feny Apriani, Supardi Supardi, Dian Kurnianto, Masita Masita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.