Makna Program Makan Bergizi Gratis terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK Menuju Generasi Emas 2045

Authors

  • Masita Masita Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Dian Kurnianto Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Feny Apriani STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Muad Dinoto STKIP Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat

Keywords:

Makan gratis di sekolah, Motivasi belajar, Kesejahteraan siswa, Gizi, Pendidikan vokasi

Abstract

Banyak siswa di sekolah vokasi menghadapi tantangan belajar yang tidak hanya berasal dari aspek akademik, tetapi juga dari masalah gizi buruk, motivasi yang rendah, dan kurangnya kesiapan fisik untuk mengikuti pelajaran. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pendidikan yang holistik, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan dampak program makanan gratis bergizi terhadap motivasi belajar, keterlibatan siswa, dan hasil akademik di lingkungan pendidikan vokasi. Dengan pendekatan fenomenologis kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen sekolah, melibatkan siswa, guru BK, dan kepala sekolah. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang rutin menerima makanan bergizi mengalami peningkatan energi, fokus, dan partisipasi aktif di kelas. Guru mencatat penurunan tingkat ketidakhadiran dan peningkatan suasana belajar. Sebaliknya, siswa tanpa akses makanan bergizi tampak lesu dan kurang termotivasi. Kesimpulannya, program makanan gratis yang didukung infrastruktur dan kebijakan sekolah yang inklusif berkontribusi besar terhadap kesejahteraan dan keberhasilan belajar siswa vokasi.

References

Adityawarman, L. P. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786

Alif, S. (2020). Analisis Dampak Konsumsi Jajanan, Aktifitas Fisik, Dan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Swasta Pharmaca Medan. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.36090/jkkm.v1i2.576

Anindita, R., Putri, I. K., Beandrade, M. U., Nathalia, D. D., & Perwitasari, M. (2022). Edukasi Penggunaan Suplemen Vitamin A, Iodium, Zink, dan Zat Besi dalam Pencegahan Stunting. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6460

Cahyawati, P. N., Saniathi, N. K. E., & Pradnyawati, L. G. (2021). Edukasi Prosedur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Kelompok Pemandu Wisata di Bali. Community Services Journal (CSJ), 4(1).

Dervina Amisi, M., Swanida, N., Malonda, H., Musa, E. C., Sanggelorang, Y., Mantjoro, E. M., Masyarakat, K., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., Indonesia, M., Korespondensi, P., Amisi, M. D., & Manado, S. R. (2022). Edukasi Tentang Gizi Seimbang pada Remaja di Kabupaten Minahasa. Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 4(1).

Effendy, F. (2023). Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Indramayu. Pendidikan Dan Olahraga, 6(5).

Emilda, E., Rizkiyah, N., & Harie, S. (2023). Edukasi Tanaman Obat dan Pemanfaatannya pada Siswa SMA dan SMK Bhakti Idhata. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 3(3). https://doi.org/10.31004/abdira.v3i3.362

Erik, Suryaratri, R. D., & Deasyanti. (2020). Peningkatan Kemampuan Softskill Kewirausahaan Siswa SMA/SMK Di Jakarta. HAPEMAS 2: Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Hapemas 2.

Erina, F., & Sudiansyah, S. (2024). Mengatasi Kurangnya Minat Belajar Dalam Pelajaran Matematika Strategi Efektif Untuk Mendorong Semangat Siswa. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 30–39.

Fadila, H. N., & Rosiana, D. (2023). Pengaruh Konsep Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas 12 SMK di Kota Serang. Exploring Psychology, 1(1).

Fauzan, M. A., Nurmalasari, Y., & Anggunan, A. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.517

H, H. (2020). Edukasi Pola Makan Sehat dan Air Minum Berkualitas Pada Siswa SMKF Ikasari Pekanbaru. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5590

Handayani, N., Jamil, M. D., & Palupi, I. R. (2020). Faktor Gizi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(1). https://doi.org/10.22487/ghidza.v4i1.57

Imron Ali. (2022). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. In PT. Bumi Aksara.

Komariah, M., & Eriyani, T. (2023). Edukasi Remaja Mengenai Gizi dan PHBS Sebagai Upaya Pengenalan dan Pencegahan Dini Stunting di SMA 1 Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(5). https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i5.9501

Machasin, M., Setianingsih, R., & Handoyo, L. T. (2022). Analisis Motivasi Berwirausaha Siswa SMA dan SMK Di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 8(1). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i1.883

Muadzimah, Z. (2022). Analisis Kinerja Guru Bimbingan Konseling SMA/SMK di Surakarta. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1). https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.657

Nelson, A., Kurniawan, R., Way, N. T., Khesi, K., & ... (2022). Membangun Generasi Anti Narkoba di SMK Kartini Batam. National Conference …, 4.

Nuraenah, N., Widakdo, G., Naryati, N., Aisyah, A., Fadhillah, H., Adelia, A., & Adelia, M. (2023). Edukasi Kesehatan Mental (Masalah Psikososial) pada Remaja. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(10). https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i10.12155

Nurwijayanti, N. (2018). Pola Makan, Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.33366/cr.v6i1.809

Pay, F. S., Gero, S., & Picauly, In. (2021). Pola Konsumsi Pangan, Status Gizi, Kadar Hemoglobin terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Kupang. CHMK Midwifery Scientific Journal, 4(2).

Prasetya, G., Nur Sartika, A., Eka Sari, A., Fadhilah, T. M., Noerfitri, N., & Rahmah Alamsyah, P. (2023). Edukasi Gizi Seimbang Dan Penilaian Status Gizi Pada Remaja SMA/SMK Di Kota/Kabupaten Bekasi. Jurnal Mitra Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.47522/jmm.v4i1.159

Prasetya, G., Sartika, A. N., Alfiraizy, N., Silitonga, P. M., Nurrohmah, F. S., & Arfenda, L. S. (2021). Edukasi Gizi Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Sma/Smk Di Kota/Kabupaten Bekasi. Jurnal Mitra Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.52

Purnadhibrata, I. M. (2019). Edukasi Gizi dan Penguatan Konsumsi Tablet Fe pada Remaja Putri di SMK Pariwisata Kertayasa dan SMK Werdi Sila Kumara Kabupaten Gianyar. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 1(3).

Ramayani, C. C. (2020). Memotivasi Siswa SMA Dan SMK Negeri 1 Ampek Nagari Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.22202/rangkiang.2019.v1i2.3811

Rif’at, M., Sugiatno, S., Sudiansyah, S., Heriyanto, H., Umeng, Y., & Juwita, D. P. (2022). Cognition Trajectory in Teaching and learning Mathematics. The Seybold Report, 17(9), 1551–15561.

Septiana, D., Amelia, D., Hamid, F., Syah, M., Setiawan, D., & Septorini, Y. R. (2021). Sukses dalam Menjalani Wawancara Pekerjaan bagi Siswa Lulusan Smk/Sma/Sederajat. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1).

Setyowati, L.-. (2021). Edukasi Gangguan Tidur Dan Intervensi Pada Siswa Smk Selama Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), 2(01). https://doi.org/10.30587/ijcdh.v2i01.3073

Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F. H., Putra, R. P., Fauziyah, W. R., Rais, R., & al Haddar, G. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan belajar siswa. Global Education Journal, 1(1), 51–61.

Yankusuma Setiani, D., & Indriati, R. (2023). Pemeriksaan Status Gizi Anak Sekolah Sebagai Upaya Pencegahan Masalah Gizi. Abdimas Kosala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.37831/akj.v2i2.2862

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles