Meta Analysis: Integrasi Praktikum Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMK secara Kontekstual dan Aplikatif
Keywords:
Praktikum, STEM, Literasi Sains, Sekolah Vokasi, Pendidikan KejuruanAbstract
Abstrak: Pembelajaran sains di pendidikan vokasi saat ini tidak cukup jika hanya bersifat teoritis. Dibutuhkan pendekatan yang kontekstual dan aplikatif agar siswa mampu memahami sains dalam kaitannya dengan dunia kerja nyata. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran STEM berbasis praktikum, yang dinilai mampu meningkatkan literasi sains secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran STEM yang paling efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa vokasi melalui meta-analisis terhadap 48 artikel ilmiah terbitan tahun 2019 hingga 2024. Analisis dilakukan terhadap model pembelajaran yang digunakan, dukungan teknologi, hasil belajar, serta efektivitas masing-masing intervensi. Hasilnya menunjukkan bahwa model Project-Based Learning (PjBL-STEM), integrasi teknologi digital, dan pembelajaran yang dikaitkan dengan konteks dunia kerja nyata memberikan dampak paling signifikan. Literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah menjadi luaran utama. Kesimpulannya, pembelajaran STEM berbasis praktikum efektif memperkuat kompetensi abad ke-21, meski tantangan seperti kesiapan guru, infrastruktur, dan kemitraan industri masih perlu ditingkatkan.
References
Afriana, J. (2022). Pengaruh PjBL STEM terhadap Literasi Sains dan Problem Solving Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.551
Agus Supriyadi, Desy Desy, Yayat Suharyat, Tomi Apra Santosa, & Aulia Sofianora. (2023). The Effectiveness of STEM-Integrated Blended Learning on Indonesia Student Scientific Literacy: A Meta-analysis. International Journal of Education and Literature, 2(1). https://doi.org/10.55606/ijel.v2i1.53
Annisa, N., Asrizal, & Festiyed. (2022). Effects of STEM-based learning materials on knowledge and literacy of students in science and physics learning: A meta-analysis. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012063
Apriani, feny, & Sudiansyah, S. (2024). Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 40–49.
Apriyani, Y., Supriyati, Y., & Margono, G. (2021). The Influence of Learning Models on Scientific Literacy in Physics Course: A Meta-Analysis Research. International Journal of Science and Society, 3(4). https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i4.392
Bahriah, E. S., & Irwandi, D. (2020). How Problem based Learning Integrated STEM Affects to Science Literacy on the Aspect Content of Science. https://doi.org/10.5220/0009914000300037
Braun, D., & Huwer, J. (2023). Computational Literacy as an Important Element of a Digitized Science Teacher Education—A Systematic Review of Curriculum Patterns in Physics Teacher Education Degrees in Germany. In Education Sciences (Vol. 13, Issue 10). https://doi.org/10.3390/educsci13101063
Casal-Otero, L., Catala, A., Fernández-Morante, C., Taboada, M., Cebreiro, B., & Barro, S. (2023). REVIEW Open Access International Journal of STEM Education AI literacy in K-12: a systematic literature review. International Journal of STEM Education, 10.
Chairulli, M., & Rahmi, Y. L. (2022). Capaian Literasi STEM Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47005
Dayanti, M., & Rahmi, Y. L. (2022). Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Stem Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI Di SMAN 1 Sutera. Biochephy: Journal of Science Education, 2(1). https://doi.org/10.52562/biochephy.v2i1.313
Dianti, S. A. T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEM terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Seminar Nasional IPA XIII.
Erina, F., & Sudiansyah, S. (2024). Mengatasi Kurangnya Minat Belajar Dalam Pelajaran Matematika Strategi Efektif Untuk Mendorong Semangat Siswa. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 7–17.
Hariyadi, S., Rofi’i, A., Santosa, T. A., Taqiyuddin, & Sakti, B. P. (2023). Effectiveness of STEM-Based Mind Mapping Learning Model to Improve Students’ Science Literacy in the Era of Revolution 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5125
Herlina, E., & Abidin, Z. (2024). Development of interactive e-modules to improve students’ scientific literacy abilities: A literature review. Jurnal Mangifera Edu, 8(2). https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v8i2.181
Johnson, C. C., Mohr-Schroeder, M. J., Moore, T. J., & English, L. D. (2020). Handbook of research on STEM education. In Handbook of Research on STEM Education. https://doi.org/10.4324/9780429021381
Kirksey, J. J., Mansell, K., & Lansford, T. (2024). Literacy, numeracy, and problem-solving skills of adults with disabilities in STEM fields. Policy Futures in Education, 22(3). https://doi.org/10.1177/14782103231177107
Ku, C.-J., Lee, Y.-F., & Lee, L.-S. (2022). Status and trends of STEM education in highly competitive countries: country reports and international comparison. In Technological and Vocational Education Research Center (TVERC), National Taiwan Normal University,
Lina, & Amidi. (2023). Telaah Model Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6.
Maghfirah, S., Syukri, M., Halim, A., & Mohammad Arsad, N. (2023). The Development Of Learning Materials PJBL-STEM To Improve Students’ Scientific Literacy Skills. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p66--82
MAKSUM, M., & RUSDIYANA, A. F. (2022). Penggunaan LKPD literasi Sains Dalam Pembelajaran Tingkat SMA. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1). https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.1106
Marlena, L., Wahidin, W., & al Azizah, U. S. (2022). Pelatihan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru sebagai Penguatan Menghadapi Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.2844
Muchtar, A. H., & Ding, L. (2024). Integrated STEM Education in Indonesia: What Do Science Teachers Know and Implement? Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i1.35588
Nasyrullah, M., Rif’at, M., & Sudiansyah, S. (2023). Pembelajaran Model STEM-PjBL untuk Meningkatkan kemampuan Problem Solving Siswa SMK Geologi Pertambangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3418
Novitasari, S., Sofiyana, M. S., & Widiastuti, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1).
Parno, P., Edi Supriana, Arif Hidayat, Bakhrul Rizky Kurniawan, Try Nada Fis, & Farah Rafidah6. (2023). Pelatihan Pengembangan Rpp Untuk PJBL-STEM-Asesmen Formatif Berorientasi Literasi Sains Bagi Guru IPA SMPN Se-Kota Malang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6). https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i6.6756
Permatasari, E. D., & Sudiansyah Sudiansyah. (2024). Implikasi Kurangnya Prasarana Pendidikan terhadap Pendidikan Matematika: Menyadari Pentingnya Fasilitas Yang Memadai. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 50–60.
Pramasdyahsari, A. (2023). Berpikir kritis matematis dan literasi matematika melalui digital book berbasis STEM PJBL. Eureka Media Aksara.
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan e-book berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). In Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) (Vol. 11, Issue 1).
Purnomo, S., Rahayu, Y. S., & Agustini, R. (2023). Effectiveness of ADI-STEM to Improve Student’s Science Literacy Skill. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(5). https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i5.382
Purwaningtyas, I. (2023). Pengaruh Etno-Komik Repong Damar Berbasis Stem Terhadap Literasi Sains Dan Ekoliterasi Peserta Didik. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 6, Issue November).
Reyza, M., Taqwa, A., Ardiansyah, A. A., & Nurhidayat, M. A. (2020a). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH AND REVIEW STEM on Science Learning in Indonesia: An Opportunity and A Challenge. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 3.
Reyza, M., Taqwa, A., Ardiansyah, A. A., & Nurhidayat, M. A. (2020b). STEM on Science Learning in Indonesia: An Opportunity and A Challenge. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3.
Rinaldo, J., & Sukmayadi, Y. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Seni Grafis Untuk Peserta Didik SMA. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(1). https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.44151
Rizaldi, D. R., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. (2020). The Correlation of Digital Literation and STEM Integration to Improve Indonesian Students’ Skills in 21st Century. International Journal of Asian Education, 1(2). https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.36
Roehrig, G., Keratithamkul, K., & Hiwatig, B. M. R. (2020). Intersections of Integrated STEM and Socio-Scientific Issues. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4558-4.ch009
Satriana, A. (2023). Peningkatan Literasi Data Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi, Rekayasa Dan Matematika (STEM). LOKAKARYA, 2(1). https://doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2754
Simin, S., Yani T., A., & Bistari, B. (2021). Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dari Struktur Kognitif pada Konsep Limit Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1112
Simin, T, A. Y., & Rostina. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Limit Fungsi Untuk Menguatkan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Struktur Kognisi. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2).
Subali, B., Ellianawati, Faizah, Z., & Sidiq, M. (2023). Indonesian national assessment support: Can RE-STEM Android app improve students’ scientific literacy skills? International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3). https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24794
Sudiansyah, S., Kurnianto, D., & T, A. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Metematika Melalui Model STEM Berbasis Microsoft Teams Sebagai Kelas Digital dan Aplikasi Wolfram Alpha. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2716
Suyidno, S., Fitriyani, F., Miriam, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2022). STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.11402
Tripon, C., & Gabureanu, S. (2020). Leading students to self-reflect about critical thinking in stem-evidence from gender differences. JOURNAL OF EDUCATIONAL SCIENCES & PSYCHOLOGY, 10(1).
Usemahu, A., Wally, P., & ... (2022). Penerapan Blended Learning dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. BIOSEL (Biology Science …, 11(2).
Wang, L., & Chiang, F. K. (2020). Integrating novel engineering strategies into STEM education: APP design and an assessment of engineering-related attitudes. British Journal of Educational Technology, 51(6). https://doi.org/10.1111/bjet.13031
Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & al Hakim, Y. (2022). Praktikum Pengukuran Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1). https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456
Wulandari, F., & Hanim, M. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etno-STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3121
Yamashita, T., Narine, D., Punksungka, W., Kramer, J. W., Karam, R., & Cummins, P. A. (2023). Associations Between Volunteering, STEM Backgrounds, and Information-Processing Skills in Adult Populations of the United States. Social Indicators Research, 169(3). https://doi.org/10.1007/s11205-023-03201-x
Zahirah, D. F., & Sulistina, O. (2023). Efektifitas Pembelajaran STEM–Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 12(2). https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p121-131
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Supardi Supardi, Deri Feriyadi, Tiara Hapsari, Muad Dinoto, Feny Apriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.