ADDITIONAL MENU
Fokus dan Lingkup
Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) adalah jurnal ilmiah berkala yang menjadi wadah publikasi dan diseminasi hasil penelitian, kajian konseptual, serta praktik inovatif di bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar. Kami berkomitmen untuk menjembatani teori dan praktik, serta mendorong peningkatan mutu layanan pendidikan anak dan sekolah dasar yang kontekstual, transformatif, dan berkelanjutan baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.
Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) menerima artikel dari pendekatan lintas disiplin (multidisipliner dan transdisipliner), dengan fokus pada isu-isu berikut:
1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- Kurikulum dan pembelajaran berbasis tahapan perkembangan anak
- Strategi pedagogis, asesmen formatif, dan praktik reflektif guru PAUD
- Inovasi media, teknologi digital, dan alat bantu ajar usia dini
- Penguatan karakter, literasi awal, numerasi, dan STEAM pada anak usia dini
2. Perkembangan Anak Usia Dini
- Perkembangan kognitif, sosial-emosional, motorik, bahasa, dan spiritual anak
- Intervensi dini bagi anak berkebutuhan khusus dan identifikasi risiko perkembangan
- Isu kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan dalam konteks pendidikan anak
- Peran serta keluarga dan komunitas dalam tumbuh kembang anak
3. Pendidikan Sekolah Dasar
- Kurikulum dan model pembelajaran tematik integratif di SD
- Kompetensi pedagogik guru SD dan pengembangan profesional berkelanjutan
- Strategi penguatan literasi, numerasi, karakter, dan keterampilan abad 21
- Implementasi Merdeka Belajar, asesmen diagnostik, dan penguatan budaya belajar
4. Kebijakan dan Manajemen PAUD & SD
- Analisis kebijakan pendidikan dasar dan usia dini: nasional & global
- Tata kelola lembaga pendidikan anak dan sekolah dasar yang berorientasi mutu
- Akreditasi, monitoring-evaluasi program, dan pengembangan kapasitas SDM pendidik
- Kemitraan multisektor untuk memperkuat layanan PAUD dan SD
5. Kajian Interdisipliner dalam Pendidikan Anak dan Sekolah Dasar
- Kolaborasi keilmuan antara psikologi, sosiologi, antropologi, teknologi, dan pendidikan
- Inklusi pendidikan, pendekatan berbasis gender dan keadilan sosial di tingkat PAUD dan SD
- Integrasi kearifan lokal, budaya tradisional, dan nilai-nilai komunitas dalam proses belajar
Kami terbuka bagi akademisi, peneliti, pendidik, pengelola lembaga pendidikan, mahasiswa pascasarjana, serta pembuat kebijakan yang tertarik mengembangkan ilmu dan praktik pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar yang inovatif dan berbasis kebutuhan masyarakat. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dan akan melalui proses seleksi serta double-blind peer-review oleh Mitra Bestari yang berpengalaman.