Etika Publikasi

Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) menjunjung tinggi etika publikasi ilmiah sebagai bagian dari komitmen terhadap integritas akademik, tanggung jawab sosial, dan kebermanfaatan nyata.

Naskah yang dikirimkan harus orisinal, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang dalam proses peninjauan di jurnal lain. Penulis wajib mencantumkan kontribusi masing-masing, menjamin keaslian data, serta mengungkapkan potensi konflik kepentingan.

Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) menerapkan double-blind peer review untuk memastikan penilaian objektif berdasarkan kualitas metodologi, relevansi tema pengabdian, inovasi pendekatan, dan dampak terhadap masyarakat. Reviewer wajib menjaga kerahasiaan, bersikap profesional, dan bebas dari konflik afiliasi.

Editor bertanggung jawab menjaga transparansi editorial dan siap mengambil tindakan terhadap pelanggaran seperti plagiarisme, manipulasi data, atau kepengarangan fiktif.

Untuk naskah yang melibatkan masyarakat, anak-anak, atau kelompok rentan, penulis diwajibkan melampirkan persetujuan etik resmi serta pernyataan persetujuan partisipan, perlindungan data pribadi, dan penghormatan terhadap budaya lokal.

Melalui prinsip ini, Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) hadir sebagai ruang akademik yang mengedepankan kejujuran, kolaborasi, dan nilai-nilai etis dalam publikasi berbasis pengabdian kepada masyarakat.