ADDITIONAL MENU
Proses Peer Review
Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) menerapkan proses double-blind peer review yang ketat, sistematis, dan berbasis integritas akademik. Proses ini terdiri dari sembilan tahap untuk memastikan kualitas ilmiah dan relevansi sosial setiap artikel yang dipublikasikan:
- Pengiriman Naskah
Penulis mengunggah naskah melalui sistem OJS Journal of Early Childhood Education and Development (JECED). Artikel harus mencerminkan praktik Penelitian dan Inovasi yang edukatif dan berdampak, seperti pelatihan, pemberdayaan lokal, atau inovasi teknologi tepat guna. - Pemeriksaan Awal oleh Editor
Editor memverifikasi kelengkapan teknis, format, dan gaya penulisan. Pemeriksaan plagiarisme dilakukan melalui Turnitin, serta dicek kesesuaian topik dengan scope jurnal. - Seleksi oleh Editor-in-Chief
Naskah ditinjau dari aspek kontribusi ilmiah, kebaruan, dan dampaknya terhadap masyarakat. Naskah yang tidak memenuhi kriteria akan ditolak pada tahap awal. - Penunjukan Reviewer
Dua reviewer ahli ditugaskan secara anonim berdasarkan kepakaran di bidang pendidikan anak usia dini, kesehatan, pemberdayaan, atau teknologi aplikatif. - Konfirmasi Reviewer
Reviewer diberikan keleluasaan untuk menerima atau menolak undangan. Bila menolak, mereka dapat merekomendasikan pengganti yang kompeten. - Proses Penilaian
Reviewer mengevaluasi isi, kejelasan metode, relevansi kegiatan, serta kontribusi nyata artikel. Umpan balik disampaikan secara konstruktif dengan rekomendasi: diterima, revisi (minor/major), atau ditolak. - Evaluasi oleh Editor
Editor mereview masukan reviewer. Jika terjadi perbedaan pendapat substansial, editor dapat menunjuk reviewer ketiga sebelum mengambil keputusan akhir. - Penyampaian Keputusan
Keputusan beserta komentar reviewer dikirimkan kepada penulis secara transparan, anonim, dan profesional. Penulis diberikan waktu untuk merevisi naskah. - Revisi dan Publikasi
Naskah yang telah direvisi akan ditinjau ulang. Jika disetujui, naskah masuk proses penyuntingan akhir dan dipublikasikan secara daring dengan sistem open access.
Melalui mekanisme ini, Journal of Early Childhood Education and Development (JECED) berkomitmen untuk menerbitkan karya-karya yang bukan hanya valid secara akademis, tetapi juga relevan dan berdampak langsung bagi pengembangan pendidikan anak usia dini dan masyarakat luas.